5 Gunung Dengan Tingkat Kesulitan Rendah Untuk Pendaki Pemula

Seiring dengan maraknya kegiatan mendaki gunung, banyak pemula yang mengawali pendakiannya dengan memulai menaklukkan gunung-gunung dengan tingkat kesulitan rendah. pendaki, traveling, travel

5 Gunung Dengan Tingkat Kesulitan Rendah Untuk Pendaki Pemula
Pendaki gunung. (dok. Google Image)

Seiring dengan maraknya kegiatan mendaki gunung, banyak pemula yang mengawali pendakiannya dengan memulai menaklukkan gunung-gunung dengan tingkat kesulitan rendah. Siapa yang nggak tergoda dengan pemandangan diatas awan, yang pernah mendaki pasti akan merindukan pemandangan tersebut. Sementara yang belum pernah mendaki sama sekali pastinya tergoda dan mencoba untuk menapaki kaki diatas awan. Nah, buat kamu yang masih pemula untuk mendaki jangan khawatir, berikut ini 5 gunung yang bisa kamu coba untuk dijelajahi:

1. Gunung Api Purba Nglanggeran, 700 MDPL

Gunung Api Purba Nglanggeran, 700 MDPL
Gunung Api Purba (dok. Google Image)

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung ini cocok banget buat kamu yang belum pernah mendaki gunung, dengan ketinggian 700 MDPL dan medan yang landai, hanya butuh sekitar kurang lebih 1 jam untuk sampai di puncak.

2. Gunung Andong, 1.762 MDPL

Gunung Andong, 1.762 MDPL
Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.762 MDPL. Hanya butuh sekitar kurang lebih 2 jam untuk sampai di puncak. Dari puncaknya, kamu bisa melihat Gunung Sindoro-Sumbing serta Gunung Merapi-Merbabu yang mengelilingi gunung ini.

3. Gunung Prau, 2565 MDPL

Gunung Prau, 2565 MDPL
Gunung Prau (dok. Google Image)

Dari segi ketinggian, puncak Gunung Prau merupakan titik tertinggi di dataran tinggi Dieng, yakni terletak pada 2565 MDPL. Dengan ketinggian ini, kawasan Gunung Prau berhawa dingin. Trek yang nggak bikin lemas tapi menjanjikan pemandangan yang luar biasa bagusnya. Hanya butuh sekitar kurang lebih 2 jam untuk sampai di puncak.

4. Gunung Papandayan, 2.665 MDPL

Gunung Papandayan, 2.665 MDPL
Gunung Papandayan (dok. Google Image)

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 MDPL itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Gunung Papandayan mempunyai padang Edelweis yang masuk dalam daftar 4 padang Edelweis terbaik se-Indonesia. Hanya butuh sekitar kurang lebih 2,5 jam untuk sampai di tempat kemping (Pondok Saladah) dan butuh waktu sekitar kurang lebih 1 jam untuk sampai di padang Edelweiss Tegal Alun dari Pondok Saladah.

5. Gunung Kencana, 1802 MDPL

Gunung Kencana, 1802 MDPL
Gunung Kencana (dok. Google Image)

Tak banyak yang tahu dengan gunung yang satu ini, gunung yang terletak di Puncak Bogor ini sangatlah jarang di kunjungi oleh pendaki. Terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Gunung Kencana bisa dibilang bukanlah sebuah gunung sesungguhnya. Hanya bukit yang menjulang sampai di ketinggian 1.802 MDPL. Namun, tetap menawarkan sensasi mendaki gunung dan cerita mistis bagi para pendaki.

Nah itulah 5 gunung yang bisa kamu datangi untuk memulai pendakian pertamamu, tunggu apalagi?