Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding

Not Responding merupakan kejadian dimana aplikasi berenti merespons setiap perintah dan event yang dilakukan oleh User, sehingga perintah keyboard maupun mouse tidak bisa difungsikan

Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding
Mozilla Firefox. (dok. Google Image)

Begitu banyak memang yang bertanya perihal mozilla firefox Not Responding dilaman Internet ini. Kejadian Not Responding merupakan kejadian dimana aplikasi berenti merespons setiap perintah dan event yang dilakukan oleh User, sehingga perintah keyboard maupun mouse tidak bisa difungsikan, biasanya ditandai dengan teks "Not Responding" yang disematkan di title bar aplikasi, meski terkadang not responding juga terjadi tanpa ada indikasi apapun di layar. Begitu juga dengan Firefox, aplikasi web browser yang bisa mengalami kondisi not responding ini.

Di artikel kali ini akan dibahas hal apa saja yang membuat Firefox mengalami not responding, beserta cara mengatasi not responding pada Mozilla Firefox, sebagai berikut:
 

1. Akhiri atau End Task Proses Firefox

Setelah Anda menjalankan perintah ini, biasanya Mozilla Firefox tersebut belum menutup secara sempurna, karena ada kemungkinan beberapa pecahannya masih bergentayangan di layar belakang meskipun tidak nampak. Namun Anda juga bisa menutupnya menggunakan Windows Task Manager:

Klik kanan pada taskbar, Pilih Start Taskbar Manager (atau tekan ctrl+shift+esc). Lalu pilih tab Processes. Silahkan cari firefox.exe (Tekan F pada keyboard untuk menemukannya) kemudian klik End Process. Keluar dari Windows Task Manager. Selanjutnya mulailah firefox kembali secara normal.
 

2. Hapus History atau Riwayat

Cara ini sangat memadai untuk meringankan firefox dalam bekerja. Caranya : Tekan ctrl+shift+del, lalu klik Clear Now.

3. Disable atau Uninstall Add-Ons yang jarang dipakai
Hal ini supaya tidak membebani kinerja firefox.

4. Optimalkan Memori Firefox
Buka firefox lalu ketik about:config di address bar.

5. Batasi kapasitas cache memory
Setiap kali Anda menjelajah web, secara otomatis firefox menyimpannya dalam cache memori. Default cache yang digunakan Firefox itu sebesar berapa maksimal RAM yang Anda punyai. Untuk membatasinya tambahkan opsi : browser.cache.memory.capacity. Melalui klik kanan > New > Integer. Ketik browser.cache.memory.capacity, tekan enter. Lalu masukkan angka 2048 dalam kotak dialog berikutnya. 2048 tersebut mempunyai arti, penggunaan cache maksimal hanya 2 Mega. Anda dapat mencobanya dengan nilai yang lain, tapi usahakan dalam kelipatan 1024.

6. Batasi kapasitas cache history
Hampir mirip dengan cache memory, hanya saja cache ini diperuntunkan supaya cepat loading halaman jika Anda tekan tool Forward dan Back di browser. Jika kurang memakainya, maka sebaiknya set saja nilai kecil supaya hemat penggunaan memori. Caranya klik tulisan : browser.sessionhistory.max_total_viewers. kemudian ubah value -1 menjadi 3. Default -1 artinya penggunaan RAM semaksimalnya. Berarti nilai default dari Firefox terlalu rakus bukan?

7. Batasi kapasitas cache disk
Defaultnya Firefox men-setting cache disk sebesar 50 Mega. Tentu saja sangat boros memori.  Anda bisa menyetelnya menjadi 2 MB supaya memberikan performa yang ringan bagi Komputer, khususnya yang memiliki memori 128 MB ke bawah dan hard disk tipe lama. Caranya yaitu di filter ketik: browser.cache.disk.capacity, ubah nilai 500000 menjadi 20000.

8. Batasi extension/add-ons
Banyak add-ons yang berjalan, membuat RAM cepat habis. Disable add-ons yang kurang Anda pakai. Untuk membuktikan performa memori saat menggunakan dan tanpa add-ons bisa dilakukan dengan cara membuka Firefox dalam kondisi safe-mode. Caranya melalui perintah : $ firefox-safe-mode. Pada pilihan yang tampil pastikan Anda beri centang pada opsi : Disable all add-ons.

9. Disable download history
Ada baiknya Anda nonaktifkan fitur history ini. Karena dengan banyaknya download history yang tersimpan, maka berefek pada performa Firefox. Caranya, klik menu Tools > Options > Privacy. hilangkan pilihan pada “Remember what I’ve downloaded”.

10. Klik seperlunya saja
Tanpa kita sadari, Firefox berusaha lakukan pre-download pada link yang mungkin mau kita klik. Hal ini merupakan taktik Google yang mencache dahulu result awal dari link pencarian yang ditemukan. Untuk menonaktifkan fitur ini ketik pada filter : network.prefetch-next, klik dua kali, supaya nilainya menjadi false.

11. Download dan segera tampilkan
Secara umum firefox akan menunggu beberapa saat selesai download untuk mulai menampilkan page yang dituju. Anda dapat memaksa Firefox supaya segera menampilkan page yang didownloadnya dengan cara menset nilai : nglayout.initialpaint.delay menjadi 0. Kalau belum ada silahkan klik kanan, New > Integer > nglayout.initialpaint.delay.

12. Aktifkan fitur config.trim_on_minimize
Caranya klik kanan, New > Boolean, ketik config.trim_on_minimize. Set nilainya menjadi True. Cara ini membuat Firefox saat diminimize, secara otomatis akan melepas / membebaskan memori yang di pakai, sehingga bisa digunakan untuk aplikasi lainnya.

OK, selanjutnya restart Mozilla Firefox Anda.

Catatan : Untuk mengecek cache memory yang digunakan saat ini, dapat dilihat dengan cara ketik about:cache di address bar.