Waspadalah, 4 Sayuran Sehat ini Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan masalah kesehatan yang bisa menimbulkan rasa nyeri hebat di persendian di tubuh.

Waspadalah, 4 Sayuran Sehat ini Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat
Ilustrasi penyakit asam urat (dok. Google Image)

Asam urat merupakan masalah kesehatan yang bisa menimbulkan rasa nyeri hebat di persendian di tubuh. Saat asam urat kambuh biasanya sendi akan alami pembengkakan, kaku, rasa panas dan nyeri yang hebat. Asam urat bisa menyerang siapa saja, terutama mereka yang sudah masuki usia diatas 30 tahun.

Pemicu asam urat, bukan hanya makanan jeroan saja yang biasanya mengandung lemak tinggi. Asam urat juga bisa dipicu oleh sayuran sehat. Sayuran tersebut mengandung purin tinggi yang meningkatkan asam urat. Nah berikut ini daftar sayuran yang dapat memicu penyakit asam urat tersebut.

1. Bayam

Bayam
Bayam (dok. Google Image)

Bayam sejatinya adalah sayuran yang sehat, bahkan dianjurkan sering dimakan. Namun, jika kamu memiliki masalah asam urat sebaiknya batasi sayuran hijau ini. Bayam memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, dalam 100 gram bayam, terdapat 57 mg purin. Batasi bayam agar penumpukan purin tidak terjadi.

2. Asparagus

Asparagus
Asparagus (dok. Google Image)

Asparagus termasuk sayuran yang enak untuk dijadikan sop, namun asparagus sangat tidak dianjurkan dimakan secara berlebihan. Alasannya dalam 100 gram asparagus terdapat 23 mg purin yang bisa memicu asam urat jika terlalu banyak di makan.

3. Kembang Kol

Kembang Kol
Kembang Kol (dok. Google Image)

Kembang kol merupakan sayuran enak yang sering dihidangkan di rumah, kembang kol bahkan memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi. Namun disamping itu, kembang kol juga mengandung purin yang sangat tinggi yang bisa memicu gejala asam urat.

4. Kacang Panjang

Kacang Panjang
Kacang Panjang (dok. Google Image)

Kacang panjang merupakan makanan yang sering dimakan, makanan ini mengandung kandungan penting untuk tubuh seperti kalium, mangan, fosfor dan lain-lain. Namun, dalam 100 gram kacang panjang terdapat 80 mg purin. Ini berarti makanan ini memiliki kandungan yang bisa memicu asam urat dengan cepat.

Tidak ada obat asam urat yang bisa membuat seseorang terlepas dari penyakit ini selamanya. Meski begitu, obat tertentu dapat mengendalikan dan meringankan gejala yang muncul.

Jadi, jika kamu ingin terhindar dari serangan asam urat di masa depan, kamu harus hindari makanan-makanan yang memicu penyakit asam urat dan selalu menjalani kebiasaan hidup sehat seperti sering berolahraga.