Yuk Mengenal Apa Itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Hasil analisa yang menunjukkan skor domain authority dan page authority yang lebih dekat dengan angka/poin 100 adalah prediksi/gambaran kinerja situs di halaman hasil pencarian, semakin tinggi nilai/skor domain authority maka semakin bagus.

Yuk Mengenal Apa Itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)
Infografik website (dok. Google Image)

Apa yang dimaksud dengan Domain Authority dan Page Authority? Domain Authority (DA) adalah metrix yang digunakan untuk menghitung tingkat otoritas domain atau url situs web sedangkan Page Authority (PA) adalah metrix yang digunakan untuk menghitung tingkat otoritas setiap halaman pada situs web.

Algoritma yang digunakan untuk menghitung Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dikembangkan oleh Moz.com dengan tujuan memberikan prediksi (analisa) kepada pengembang situs mengenai seberapa baik peringkat situs web mereka di halaman hasil pencarian (SERP).

Jadi untuk mengetahui nilai skor domain authority dan page authority situs web anda silahkan gunakan tool Website SEO Checker (websiteseochecker.com) lalu pilih Domain Authority Checker.

Perhitungan (Nilai Skor DA PA)

Skor atau penilaian Domain Authority yang digunakan adalah skala logaritmik 100-point (dari 1 hingga 100). Hasil analisa yang menunjukkan skor domain authority dan page authority yang lebih dekat dengan angka/poin 100 adalah prediksi/gambaran kinerja situs di halaman hasil pencarian, semakin tinggi nilai/skor domain authority maka semakin bagus.

Faktor Yang Mempengaruhi Domain Authority

Secara garis besar yang mempengaruhi metrik Domain Authority adalah SEO (Search Engine Optimization). Secara khusus Domain Authority juga dipengaruhi oleh profil tautan (backlink), semakin banyak index tautan dari situs lain yang menuju halaman situs maka skor domain authority akan semakin baik.

Setelah membaca ini kamu mungkin akan berpikir "mencari cara bagaimana mendapatkan lebih banyak backlink" dan itu hal yang wajar namun harus di ingat backlink atau profil tautan yang mempengaruhi otoritas "domain authority" situs web adalah backlink berkualitas saja yang tidak melanggar aturan google.

Tips Meningkatkan DA PA Situs Web/Blog

  1. Buat konten original yang sesuai dengan niche situs,
  2. Buat konten yang fresh dengan gagasan baru,
  3. Bersaing di keyword (kata kunci) yang rendah kompetitor,
  4. Pelajari "Cara membuat konten berkualitas",
  5. Pelajari tentang SEO (search engine optimization) untuk meningkatkan page authority,
  6. Buat Backlink berkualitas melalui guest post dan forum tanya jawab

Hindari

  1. Duplikat Konten
  2. Konten Salinan (Copy Paste)


Seperti yang telah dijelaskan di atas hasil analisa Domain Authority & Page Authority sebenarnya merupakan prediksi "memberikan gambaran" apakah optimasi SEO yang selama ini dikerjakan berhasil atau tidak, taksiran otoritas situs web atau penguasaan situs di laman hasil penelusuran.

SERP (Search Engine Results Pages) diibaratkan seperti lahan perebutan dan situs web sebagai kerajaan, semakin luas wilayah kekuasaan maka otoritas kerajaan semakin bagus, begitu juga dengan situs web, semakin banyak konten yang menempati halaman 1 di hasil penelusuran maka otoritas situs web "Domain Authority" akan semakin bagus/tinggi.

Apa yang dimaksud dengan backlink berkualitas?

Secara sederhana backlink yang berkualitas dapat didefinisikan sebagai tautan yang berasal dari situs lain dan memberikan profit berupa traffic melalui tautan tersebut ke situs web. Selain itu pembentukan backlink (tautan balik) melalui proses yang natural tanpa ada paksaan dan auto backlink.

Pelajari tentang backlink (skema tautan) yang lebih spesifik pada url berikut ini;
https://support.google.com/webmasters/answer/66356?hl=id

Apakah situs baru dengan authority yang rendah dapat menempati halaman 1 penelusuran?

Ya, tentu saja bisa jika mengikuti tips di atas "membuat konten fresh, bersaing di keyword low competition, konten original yang deskriptif dan mempelajari seo secara perlahan/bertahap".
Itu adalah strategi yang sangat efektif untuk situs web/blog baru dalam mengembangkan situs dan meningkatkan otoritas situs (Domain Authority) kemudian berdampak positif ke PageRank situs. Sehingga setelah situs memiliki reputasi "Domain Authority dan PageRank" yang bagus di halaman hasil penelusuran situs akan lebih mudah untuk bersaing dengan keyword apapun di SERP dan mendapatkan banyak traffic ke situs web.

Silahkan tinggalan komentar Anda dibawah agar pembahasaan ini lebih menarik.